SEJARAH SEKOLAH SD PANGUDI UTAMI

SEJARAH SEKOLAH

TEMANGGUNG

SD PU

SD PANGUDI UTAMI

Sekolah Cerdas Berkarakter

SEJARAH SD PANGUDI UTAMI

 

Suster-Suster Kongregasi Penyelenggaraan Ilahi (PI) mengembangkan karyanya ke Indonesia tanggal 26 April 1934 di Bandung, kemudian ke Jawa Tengah yaitu Semarang, Kudus dan Temanggung.

Pada tanggal 1 Agustus 1958 Suster-Suster PI datang di Temanggung dan berkarya di bidang pendidikan dengan mendirikan TK Cor Yesu di Jl. Jenderal Sudirman 53 Temanggung. Setelah dua tahun, tepatnya tanggal 8 Januari 1960 para Suster PI mendirikan SD Pangudi Utami.

          Karena Sekolah Dasar merupakan lembaga resmi, maka diperlukan nama resmi pula. Suster Maria Agnes, PI sebagai perintis berdirinya Sekolah Dasar itu memilih nama ”SD PANGUDI UTAMI”. Nama dengan Bahasa Jawa tersebut dipilih, mengingat bahwa Bahasa Jawa dipakai oleh sebagian besar siswa sebagai bahasa ibu.

          PANGUDI UTAMI” mengandung arti: USAHA ”NGUDI KAUTAMEN”, yang berarti: ”MENGUSAHAKAN SESUATU YANG UTAMA”, yang baik, yang sempurna. Dalam pengertian sekarang, secara luas adalah : ”Suatu usaha untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan  Yang Maha Esa, kecerdasan dan ketrampilan, serta mempertinggi budi pekerti yang luhur.”

 

          SD Pangudi Utami telah memiliki banyak pengalaman. Dari pengalaman itulah SD Pangudi Utami telah dapat  dibuktikan sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Temanggung. Banyak prestasi yang telah dicapai, kejuaraan dari tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi hingga nasional, dalam bidang akademis, olah raga, kesenian dan Kepramukaan. Bukti prestasi itu berupa piagam, tropi dan piala.